Selasa, Juli 15, 2008

KEPADA SAUDARAKU M. NATSIR


Meskipun bersilang keris di leher
Berkilat pedang di hadapan matamu
Namun yang benar kau sebut juga benar
Cita Muhammad biarlah lahir
Bongkar apinya sampai bertemu
Hidangkan di atas persada nusa

Jibril berdiri sebelah kananmu
Mikail berdiri sebelah kiri
Lindungan Ilahi memberimu tenaga
Suka dan duka kita hadapi
Suaramu wahai Natsir, suara kaum-mu

Kemana lagi, Natsir kemana kita lagi
Ini berjuta kawan sepaham
Hidup dan mati bersama-sama
Untuk menuntut Ridha Ilahi

Dan aku pun masukkan
Dalam daftarmu .......!

(HAMKA)


*
Mengenang 100 tahun Allayarham Mohammad Natsir. Semoga kita mampu melanjutkan perjuangan beliau. Amin.

Rabu, Juni 04, 2008

BERSAMA (FPI) KITA BISA...

Sebuah insiden terjadi di Monas antara Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) dan Front Pembela Islam (FPI) . Sedianya AKKBB berniat menggelar acara memperingati hari lahirnya Pancasila. Tiba-tiba aktivis FPI merangsek dan menyerang kerumunan aksi dengan senjata seadanya. Puluhan orang luka-luka. Acara pun bubar jalan.

Very
Unnecessary. Insiden itu sebetulnya tidak perlu terjadi jika kedua belah pihak bisa menahan diri. Penulis yakin, tidak ada manusia yang punya selera untuk melakukan pengrusakan, kecuali ia sedang menderita penyakit jiwa. Ini bukan ciri muslim sejati. Mereka yang suka membuat kerusakan adalah salah satu ciri perbuatan orang munafik. Dan sepanjang pengetahuan penulis, kemunafikan bukanlah corak perjuangan dari FPI.

Mari kita telaah lebih lanjut Insiden Monas ini dengan menggunakan Pendekatan Sebab-Akibat.
Acara yang digelar Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB)
tentu tidak sekadar silaturahmi biasa. AKKBB ini adalah koalisi lintas agama dan lintas ideologi yang salah satu aspirasinya adalah menentang pembubaran Ahmadiyah. Dan jika dilihat lokasinya, di Monas, sudah barang tentu ini ada upaya dari aliansi ini untuk semacam 'apel siaga' dan 'penggalangan massa'. Bukankah dari jaman kemerdekaan (d/h Lapangan Ikada) tujuannya aksi di sana memang untuk itu?

Yang saya pribadi tak mengerti, mengapa ada dua massa yang begitu rawan konfrontasi berada di tempat yang sama. Menurut data kepolisian, aksi Forum Umat Islam, FPI dan Laskar Islam saat itu memang akan mengadakan Aksi Demo di Monas (tepatnya setelah acara Harlah Pancasila oleh PDIP). Massa AKKBB sebenarnya mendapat jatah tempat di Bundaran HI, namun massa mereka membandel dan berbelok arah menuju Monas. Terlepas ada atau tidaknya provokasi dari oknum AKKBB, melihat atmosfir seperti ini,
kontak fisik antar dua kubu ini memang sulit dihindari (atau memang ini skenario yang diinginkan?).

Jika akibat bentrok ini menuntut penganganan hukum, maka penangkapan para aktivis FPI adalah resiko pahit yang harus diterima. Ini merupakan wujud tanggung jawab mereka. Yang menjadi keanehan adalah jika kejadian ini bergeser menjadi isunya dari fokus perhatian kita yang sebenarnya: Pembubaran Ahmadiyah.

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa banyak elemen-elemen dalam masyarakat Islam baik ormas-ormas maupun partai Islam yang amat kecewa dengan pemerintah yang tidak mengambil sikap apa-apa dalam kasus Ahmadiyah. Padahal, MUI sudah mengeluarkan fatwa bahwa Ahmadiyah adalah aliran sesat.

Banyak yang belum paham permasalahan ini. Bagi penulis, domain ulama adalah mengeluarkan fatwa mengenai ajaran agama. Fatwa sudah dikeluarkan. Tinggal menunggu penanganan secara hukum tanpa pandang bulu berupa pembubaran Ahmadiyah. Ini adalah ranahnya pemerintah. Umat Islam amat mengerti aturan main yang demikian.
Tidak ada tanggapan memuaskan dari pihak istana membuat umat Islam risau. Banyak aksi dilakukan. Bahkan, Forum Umat Islam (FUI) mengancam untuk tidak ikut pemilu jika masalah Ahmadiyah masih 'gantung'. Posisi pemerintah cukup tersudut dan defensif.

Setelah Insiden Monas, keadaan menjadi berbalik. Pemerintah lewat jubir kepresidenan tampak alergi dengan topik soal Ahmadiyah. Seolah-olah kerusuhan itu sama sekali tak ada hubungannya dengan masalah itu. Justru pemerintah sekonyong-konyong ganti menuding bahwa sebagian pihak yang beralasan bahwa ketidaktegasan pemerintah soal Ahmadiyah-lah yang menjadi pemicu konflik ini, hanya merupakan pengalihan isu saja terhadap pelaku tindak kekerasan yang melanggar hukum. Kok jadi paranoid begini? Sesuai fitrah manusia, jika sedang berbuat kesalahan, secara spontan tabiatnya memang menjadi sering ketakutan, was-was, cepat curiga dan tidak bisa berpikir jernih. Jika benar begitu psikologi pemerintahan saat ini, maka kita masih bisa bersyukur. Minimal pemerintah saat ini sadar bahwa dirinya sedang melakukan kesalahan. Masih ada waktu untuk kembali ke jalan yang benar.

Sekarang opini mulai bergeser dari pembubaran Ahmadiyah menjadi pembubaran FPI. Kita lihat saja apakah FPI, yang memang sudah terlanjur dibuat kesan brutal, kasar, vandalism dsb - dibubarkan atau tidak (penulis meragukan Esbamyud punya nyali untuk itu). Jika FPI dibubarkan dan pimpinannya diciduk sebagai terpidana, sedangkan Ahmadiyah tetap di 'awang-uwung', maka Esbamyud-Jukal akan berhadapan vis-a-vis dengan umat Islam. Tetapi, jika FPI tidak dibubarkan dan Ahmadiyah dibubarkan, maka mereka akan menghadapi kaum mainstream pro sekuleris, pluralis, atau apalah istilah lainnya. Langkah apa yang akan diambil? Tak tahulah. Apapun keputusannya, pasti akan makan waktu lama. Bukan apa2, Sudah hobi sih..

Catatan: Dilihat dari jumlah korban dalam insiden Monas (12 orang yang terluka), mencolok sekali bahwa isu ini sengaja diblow-up untuk pengalihan isu dan opini publik. Keterdedahan
pemberitaan dalam Insiden Monas juga tidak berimbang. Opini negatif terhadap FPI sengaja dibentuk mendahului proses penanganan hukum terhadap kasus ini. Muaranya satu: Bubarkan Ah.., eh.. FPI. Simply as usual.


(Takbir..)
"Allahu Akbar"

Rabu, April 02, 2008

AGAMA DAN KESUSILAAN













(oleh Leopold Weiss)


Apapun juga aturan-aturan khusus dari bermacam-macam agama -- betapapun tinggi atau primitif ajaran-ajarannya, baik yang bertuhan satu, bertuhan banyak, maupun yang mengajarkan alam semesta sebagai tuhan -- inti dalam dari tiap pengalaman keagamaan di segala jaman, di sepanjang lintasan sejarah dan di semua peradaban, ada dua:

Pertama, keyakinan batin manusia bahwa semua yang ada dan terjadi di dalam alam ini adalah penjelmaan dari suatu Kekuasaan yang sadar, menciptakan dan meliputi segala sesuatu -- atau dengan perkataan yang lebih sederhana, suatu Kemauan Tuhan (Iradat Ilahi).

Kedua, perasaan bahwa seseorang harus, atau sedikitnya patut, menyelaraskan diri dengan Kemauan itu.

Berdasarkan perasaan dan keyakinan ini sajalah ditegakkan kesanggupan manusia untuk membedakan antara yang baik dan yang jahat. Jika kita tidak menganggap ada suatu Kemauan yang mutlak dan membuat rencana di dalam akar semesta alam ini, tidak akan ada artinya kita menganggap salah satu tujuan dan tindakan kita dapat dikategorikan sebagai benar atau salah, bersusila atau asusila.

Jika tidak ada kepercayaan kepada suatu Kemauan yang merencanakan seperti itu, semua pengertian kita mengenai kesusilaan pasti akan samar-samar dan makin lama makin tunduk kepada kepentingan sendiri: yaitu tunduk kepada soal, apakah suatu tujuan atau tindakan itu berguna atau tidak bagi orang tersebut, atau bagi masyarakat dimana ia hidup. Akibatnya, maka "yang benar" dan "yang salah" hanya menjadi istilah yang relatif, dan dapat ditafsirkan dengan sesuka hati, menurut kebutuhan-kebutuhan individu masyarakatnya, yang pada gilirannya dapat dikutak-katikkan oleh perubahan yang berlangsung terus menerus di dalam lingkungan sosial ekonomi suatu bangsa.

Peranan pikiran dan perasaan keagamaan di dalam alam kesusilaan ini memiliki kedudukan yang amat penting, jika kita menyadari bahwa pada masa ini ada kecenderungan kuat memusuhi agama sedemikian hebat. Dimana-mana dan tiap hari kita mendengar kecaman dari kaum cendekiawan, bahwa agama itu tidak lain adalah fosil bekas-bekas peninggalan jaman kebiadaban masa lampau, yang sekarang dianggap sudah tendesak oleh "Jaman Ilmu". Mereka mengatakan, bahwa ilmu akan menggantikan sistem-sistem keagamaan yang sudah usang dan kolot. Ilmu yang berkembang sedemikian megah dan tak tertahankan, akhirnya akan mengajar manusia agar hidup dengan "akal yang murni", dan kemudian menciptakan ukuran-ukuran kesusilaan baru tanpa suatu sanksi metafisik.

Optimisme kekanak-kanakan yang berkenaan dengan ilmu ini pada hakekatnya tidaklah modern sama sekali, bahkan sebaliknya terlalu kolot. Sebuah peniruan membabi-buta dari optimisme kekanak-kanakan di dunia Barat dalam abad ke-18 dan ke-19. Selama masa itu (dan terutama dalam bagian kedua dari abad ke-19), banyak ilmuwan Barat percaya rahasia-rahasia alam tidak lama lagi akan dapat mereka buka selubungnya, dan mulai saat itu tidak akan ada yang merintangi manusia untuk mengatur kehidupannya di alam yang terbebas dari kecaman akal yang dimiliki dewa-dewa.

Sedangkan pemikir-pemikir pada masa kita sekarang lebih berhati-hati -- jika tidak akan dikatakan sangsi tentang hal ini. Di bawah pengaruh ilmu fisika abad ke-20 yang modern dan dahsyat, mereka kini sampai pada sebuah kesimpulan bahwa ilmu deterministik tidak sanggup mengabulkan harapan-harapan rohaniah yang dibebankan kepadanya kira-kira seratus tahun lalu. Sebab pemikir-pemikir itu telah mengetahui bahwa rahasia-rahasia alam itu bertambah tebal selubungnya dan makin musykil jika penyelidikan kita semakin maju.
Tiap hari menjadi lebih jelas, soal-soal bagaimana terjadinya jagad ini, bagaimana hidup berkembang di dalam alam ini, dan apa yang sebenarnya menjadi gejala-gejala hidup itu sendiri, tidak akan pernah mungkin terjawab dengan semata-mata mempergunakan alat-alat ilmiah. Dan karena itu tidak dapat dijawab pula soal hakekat sebenarnya dan tujuan manusia itu hidup di muka bumi ini. Sampai kita sanggup menjawab pertanyaan terakhir ini, kita tidak dapat -- walaupun mencoba -- menetapkan nilai-nilai moral seperti "yang baik" dan "yang buruk". Ini semata-mata karena istilah semacam itu tidak berarti sama sekali, kecuali jika telah dihubungkan dengan suatu pengetahuan (sejati atau khayalan belaka) tentang hakekat dan tujuan hidup manusia.

Hal inilah yang mulai disadari oleh para ilmuwan yang telah tinggi kemajuan pikirannya. Mereka mengerti bahwa mustahil dapat dijawab soal-soal metafisik dengan menggunakan alat fisik saja. Penyelidikan mereka telah membuang jauh harapan kekanak-kanakan dari abad yang lalu, bahwa ilmu akan dapat memberikan petunjuk--petunjuk di bidang etika dan kesusilaan.
Cendikiawan Barat berpikiran maju ini bukannya tidak mempercayai ilmu. Sebaliknya, mereka meyakini bahwa ilmu akan menyibakkan manusia pada keajaiban--keajaiban yang lebih besar dari ilmu dan pencapaian. Namun, mereka menyadari pula bahwa daya-upaya ilmiah tidak memiliki hubungan langsung dengan kehidupan moral dan rohaniah manusia. Ilmu memang dapat dan telah membimbing kita ke dalam pemahaman yang lebih baik tentang dunia di sekitar kita dan di dalam diri kita. Akan tetapi, karena ia bekerja menyelidiki fakta-fakta di dalam alam, dan menganalisis hukum-hukum yang tampak dan menguasai saling hubungan dari fakta--fakta itu, maka ilmu tidak dapat dituntut memutuskan tentang tujuan hidup yang sanggup memberi kita petunjuk-petunjuk mengenai perilaku sosial yang harus diikuti. Hanya secara tidak langsung -- dengan demikian spekulatif -- ilmu itu dapat mencoba memberi kita Saran secara ilmiah.

Celakanya, karena ilmu selalu dalam keadaan berubah-ubah (selalu dapat diubah oleh penemuan fakta-fakta baru dari alam) -- dan akibatnya ia terus-menerus harus dinilai dan ditafsirkan kembali rangkaian fakta yang ditetapkan terdahulu -- maka saran itu diberikan dengan kebimbangan, dipaksa-paksakan, bahkan kadang-kadang amat bertentangan dengan saran yang diberikan sebelumnya. Pendeknya, ilmu itu tidak pernah sanggup menetapkan dengan pasti apa yang harus dan apa yang tidak harus dilakukan oleh manusia agar memperoleh kedamaian dan kebahagiaan. Dengan alasan ini, ilmu tidak dapat (juga tidak sungguh-sungguh mencoba) menanam kesadaran moral di dalam jiwa manusia. Permasalahan etika dan kesusilaan memang tidak terletak di dalam lapangan ilmu. Ia bersemayam seluruhnya di dalam lapangan agama.

Hanyalah dengan perantaraan pengalaman keagamaan, kita dapat sampai -- tepat atau keliru -- pada batas-batas nilai moral yang terbebas dari segala -perubahan fana di sekitar kita. Saya katakan, tepat atau keliru, karena dengan memperhatikan semua ajaran-ajaran agama dengan pemikiran yang obyektif, selalu akan terbuka kemungkinan bagi orang untuk keliru menggunakan pangkal dalil metafisik, suatu agama (atau agama apa saja). Sebagai akibatnya, akan menyimpang pula penilaian moral yang disimpulkan dari pangkal dalil itu. Dengan demikian, penerimaan atau penolakan kita terhadap suatu agama, sebagai ikhtiar penghabisan, harus dibimbing oleh akal kita, yang menyatakan kepada kita seberapa jauh suatu agama tertentu dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia yang pokok, baik jasmani maupun rohani.

Perlunya kita mengarahkan segenap kemampuan akal secara tajam berkaitan dengan ajaran-ajaran suatu agama, tidak sedikitpun mengurangi keyakinan dasar bahwa hanya agama saja yang dapat memberikan arti pada hidup kita. Keyakinan ini memperbesar dorongan dalam diri kita untuk menyesuaikan pemikiran dan perilaku diri kita dengan suatu pola dari nilai-nilai moral yang bebas sama sekali dari konstelasi sesaat dari kehidupan perseorangan. Agama dapat memberikan gelanggang yang luas untuk suatu persetujuan diantara kelompok-kelompok besar manusia mengenai apa yang baik (dan karena itu diinginkan) dan apa yang buruk (dan karena itu dihindarkan). Dan masih adakah lagi suatu keraguan, bahwa persetujuan semacam itu adalah syarat mutlak dan pasti untuk membangun ketertiban di dalam hubungan-hubungan manusia?
Ditinjau dari sudut pandang ini, hasrat keagamaan di dalam diri manusia bukanlah suatu taraf yang sekedar lewat di sepanjang sejarah perkembangan jiwanya, melainkan sumber terakhir dari semua pikiran etikanya dan semua pemahamannya tentang kesusilaan. Hasrat keagamaan itu bukanlah hasil dari keserampangan keyakinan primitif, yang akan ditinggalkan apabila sudah meningkat ke masa "pencerahan", melainkan satu-satunya pemuasan bagi kebutuhan manusia yang sejati dan pokok di setiap masa dan di dalam segala lingkungan. Dengan kata lain, ia merupakan insting.

Karena itu, adalah tidak berlebihan jika dikatakan bahwa suatu negara yang didirikan di atas dasar-dasar keagamaan memberikan harapan masa depan yang lebih baik bagi kebahagiaan nasional daripada suatu negara yang ditegakkan di atas pengertian tentang suatu organisme politik yang "sekular". Sudah tentu dengan syarat bahwa doktrin keagamaan yang menjadi sendi negara itu, memperhatikan sepenuhnya:

1. Kebutuhan biologis dan kebutuhan sosial manusia.
2. Hukum evolusi sejarah dan intelektual yang menguasai masyarakat manusia sebagai suatu keseluruhan.

Yang pertama dari dua syarat ini dapat dipenuhi hanya jika doktrin keagamaan tersebut mengakui adanya nilai positif, bukan saja dari sifat kerohanian manusia, tetapi juga tabiat biologisnya, sebagaimana pasti dilakukan oleh Islam. Syarat yang kedua dapat dipenuhi jika hukum politik -- yang akan menuntun perilaku masyarakat -- bukan saja konkrit, tetapi juga terbebas dari segala kekakuan, suatu yang kita tuntut bagi hukum politik sesuai ajaran yang termaktub di dalam Al-Quran dan Sunnah.

Rabu, Maret 26, 2008

RESENSI AAC

Setelah menempuh begitu banyak rintangan, akhirnya penulis berhasil juga menyaksikan film Ayat-Ayat Cinta (AAC) di bioskop 21. Walaupun hanya kebagian di bangku ketiga paling depan. Padahal udah pesan tiket juga loh. Nevermind.

Ada yang menganggap film ini bagus dalam aspek visual, tapi kurang greget dalam penceritaan dan penokohan. Kawan saya bilang, "Jauh banget deh bro dengan novelnya". Betulkah begitu?

Sejujurnya, secara pribadi saya tidak beranggapan demikian. Penulis menilai Hanung Bramantyo adalah sutradara yang berpengalaman dan cukup apik menggarap film-film adaptasi dari karya novel (Brownies, Catatan Akhir Sekolah, Jomblo). Mungkin, ini akibat tekanan dan tangan-tangan usil produser yang mau "dengan modal sekecil-kecilnya, dapat untung sebanyak-banyaknya", maka dibikin banyak kompromi. Coret sana dan sini. Mirip-mirip peristiwa pencoretan tujuh kata dalam Piagam Jakarta pada tanggal 18 Agustus 1945. Gentlement Agreement?

Selain akting Fedi Nuril yang 'kurang mata, darah dan pesona' (padahal dia adalah sentral cerita), secara umum film ini cukup mewakili novelnya. Memang ada yang sedikit 'macet' di beberapa scene, terutama di saat Fachri dijebloskan di dalam penjara (alamak, ikhwan kita ini. Sabarlah sedikit!).

Ada baiknya jika kita membaca kesesuaian antara novel AAC ini dengan versi layar lebarnya. Sebenarnya penulis juga menganggap ada yang 'tidak beres' dengan novelnya ini. Tapi ini sulit sekali dituangkan melalui kata-kata. Namun, ada resensi novel AAC di internet yang saya anggap paling komprehensif dan dapat mewakili 'kemacetan' pikiran saya selama ini. Sebenarnya sudah lama penulis simpan tulisan tersebut (inisalnya: Ferrari). Ijinkan saya mengutip resensi dari beliau. Mudah-mudahan ini amat bermanfaat bagi diri pribadi penulis, Habiburahman Syairozi (soalnya kalo istilah El-Shirazi itukan asalnya kan dari Persia) dan para calon penulis muda lainnya. Semoga bermanfaat.




R E S E N S I

Begini saja. Apa obsesi anda? Kalau anda seorang saintis, mungkin anda berharap sejak kecil anda adalah orang yang jenius dalam banyak ilmu pengetahuan, jauh melampaui teman-teman sebaya anda. Anda sejak kecil hingga sekarang, adalah tempat bertanya semua orang. Anda hafal banyak hal luar kepala, dan mampu menjelaskan apapun, segala hal, dalam paradigma sains. Tentu anda juga ingin ganteng atau cantik, sangat pintar bergaul (meskipun sangat pintar di sekolah), banyak disukai lawan jenis. Lalu juga hangat di pergaulan, dan menjadi panutan orang-orang di kalangan anda. Pada usia dua puluhan anda mulai menghasilkan karya-karya sains besar, dan pada usia empat puluhan anda berhasil meraih hadiah nobel.

Anda juga ingin kecerdasan dan karya-karya sains yang anda hasilkan membuat anda jadi orang yang sangat kaya, walaupun lahir dari keluarga yang biasa-biasa saja. Tidak lupa, bumbu rumah besar, mobil mewah, dan istri yang luar biasa cantiknya, atau suami yang luar biasa tampannya. Selain itu, sebagai sentuhan tambahan, anda berharap sejak kecil juga bersekolah tambahan pada guru-guru agama kelas satu. Sehingga pada usia SMP anda sudah hafal Al-Qur’an, pada usia SMA anda sudah banyak mengerti persoalan fiqh, hafal hadits, pakar bahasa Arab, juga disela-sela kesibukan masih bisa mengisi waktu luang dengan berdakwah, ceramah, dan mengajar persoalan agama.

Lengkap sudah. Alim, cerdas, jenius, cantik atau ganteng (atau kalaupun tidak, tetap dikejar-kejar lawan jenis). Sangat kaya, juga hafal Qur’an, pakar hadits, terkemuka di komunitas, meraih hadiah nobel, panutan di masyarakat, sekaligus tempat bertanya masyarakat dalam persoalan agama. ketika berumahtangga, kalau bisa sebaiknya penyatuan kedua belah pihak merupakan perpaduan dari kalangan ulama terkemuka dengan kalangan pengusaha ternama. Apa yang kurang?

Itu obsesi seorang saintis, mungkin. Kalau anda seorang pekerja kantoran? Kira-kira sama, hanya dalam bingkai kehidupan kantor. Seorang dosen? Atau ibu rumah tangga? Tidak jauh. Seorang aktivis dakwah? Tidak akan jauh dari itu, tapi tentu dalam bingkai kehidupan seorang aktivis dakwah. Semua ingin hidup sedemikian lancar dan mudah, linear. Makin tambah umur, makin baik saja kehidupan ini. Sedikit banyak, itu obsesi kita semua. Muda bahagia, dewasa kaya, pasangan tergila-gila, dan mati masuk surga, saking alimnya. Kita, atau tepatnya hawa nafsu kita, selalu ber’panjang angan-angan’ seperti itu. Hawa nafsu kita berangan-angan tentang kehidupan ini yang sedemikan indah dan mudahnya.

Kita kembali ke novel.

Pertama membuka novel AAC, saya cukup terkesan. Lima belas kali cetak ulang, dalam waktu dua tahun saja! Lalu disambung dengan enam halaman (!) berisi sembilan belas kutipan komentar positif maupun pujian dari kalangan tokoh masyarakat dan pembaca. Dan saya mulai membaca Bab I.

Tokoh utamanya seorang pria usia dua puluhan bernama Fahri, anak seorang penjual tape ketan keliling di kampung, lulusan madrasah yang kebetulan berhasil sekolah S2 sampai ke Mesir. Penyampaian pengarang bagus. Alurnya mengalir lancar dan rapi, dengan diwarnai detil seperlunya, khas pengarang pria yang tidak merasa perlu untuk berkutat terlalu dalam dengan detil.

Di mata saya, bab-bab pembuka membangun fondasi cerita dengan baik sekali. Pembaca dibawa mengenal tokoh utama dan mulai mengenal tokoh-tokoh terkait dengan rapi dan mengesankan. Penulis sanggup membuat pembaca ‘hidup’ dalam keseharian sang tokoh dengan rapi dan wajar, tanpa terlalu banyak berkutat di detil. Tidak ada ‘culture shock’ pembaca yang merasa asing ketika masuk ke kehidupan tokoh dalam novel tersebut. Pengarang mampu membuat isi novel tersebut seperti bagian dari kehidupan kita, walaupun dengan setting kehidupan keseharian mahasiswa di Mesir. Ini cukup membuat saya angkat topi.

Pada bab-bab selanjutnya, bab-bab pengantar, pembaca dikenalkan dengan tokoh kedua dengan cara yang misterius, sekaligus indah. Sayang, pada bab-bab ini juga saya mulai merasa aneh, walaupun baru sedikit. Secara halus, bab tiga difungsikan untuk menampakkan pada pembaca mengenai kepakaran dan kefaqihan sang tokoh dalam persoalan agama, bahkan orang Mesir yang baru sekali bertemu dalam kereta pun langsung terkesan dengan kepakaran sang mahasiswa muda ini (yang kebetulan merasa perlu untuk menunjukkan kemampuan dirinya dalam kereta umum). Selain menunjukkan kemampuannya berbicara dalam bahasa Arab, Jerman dan Perancis, bab-bab ini juga menggambarkan pada pembaca betapa sang tokoh adalah orang yang dituakan dan disegani di kalangan mahasiswa di kosnya maupun bagi kalangan mahasiswa Indonesia di Mesir. ‘Alangkah pintarnya diriku’ terasa menjadi esensi bab-bab ini.

Walaupun demikian, di sisi yang lain, pembaca dibawa bertemu dengan tokoh kedua dengan cara yang mengesankan. Yang juga mengesankan, pembaca tidak tahu bahwa ada seorang tokoh di bab-bab awal ini yang kelak juga akan menjadi seorang tokoh utama, karena dimunculkan dengan demikian halusnya.

Masuk ke bab-bab pertengahan, walaupun disampaikan dengan halus dan baik sekali, tapi esensi cerita mulai dibumbui dengan taburan serakan kebaikan-kebaikan diri sang tokoh, penggambaran bahwa sang tokoh ternyata adalah ikhwan yang diimpikan, atau obyek obsesi, dari kalangan wanita-wanita ’shalihah’ (kalangan wanita berjilbab, belajar agama, dari latar belakang keluarga kaya atau ulama terkemuka), juga dari wanita Islam Jerman, dan dari wanita ‘ahlul kitab’ (kristen koptik), yang ‘kebetulan’ semuanya digambarkan sebagai wanita yang luar biasa cantiknya. Semuanya jatuh cinta kepadanya, mengirim surat-surat cinta, dan sang tokoh ‘terpaksa’ tidak menanggapinya, dengan mengajukan dalil-dalil persoalan muhrim di Qur’an dan hadits. Esensi bab-bab ini? ‘Alangkah teguh imanku, tiada tergoda’.

Masuk ke bab-bab esensi cerita, sebenarnya saya mengharapkan sekali adanya sebuah kejutan yang insightful, yang dalam, yang spiritual, yang bermakna, sesuai label di cover novelnya : ‘Sebuah Novel (Islami) Pembangun Jiwa.’ Apa saya mendapatkannya?

Kisah pada bab-bab inti diawali dengan pernikahan yang keterlaluan beruntungnya. Sesuai tata cara ‘islami’ (dalam tanda kutip), sang tokoh menikah dengan akhwat yang tidak dikenalnya, tapi dipilihkan ustadnya. Tak dinyana, akhwat tersebut luar biasa cantiknya (baru ketahuan karena sebelumnya selalu mengenakan cadar), anak seorang saintis terkemuka sekaligus pengusaha internasional, dan memiliki sebuah apartemen supermewah. Maka pindahlah sang mahasiswa anak tukang tape itu, dari kamar kos kelas mahasiswa ke apartemen paling mewah di Kairo. Dan disana, sebagai istri ’shalihah’ yang berbakti, sang istri membagi segala miliknya untuk suami tercinta (yang digambarkan romantis luar biasa setelah menikah: romantis yang ‘islami’). Termasuk membagi kepemilikan apartemen mewah. Dan si istri, sebagai tanda baktinya, memaksa suaminya menerima satu dari dua kartu ATM milik sang istri yang masing-masing berisi uang puluhan juta dollar.

Jadilah ’sekonyong-konyong’ (apa ya kata yang tepat?) seorang anak tukang tape ketan keliling menjadi multi ziliuner (dalam dollar, bukan dalam rupiah), suami pemilik saham banyak hotel dan apartemen mewah yang tersebar di berbagai belahan dunia. Ia pun, untuk bisa mengantar istrinya, mau tidak mau ia pun ‘terpaksa’ harus belajar mengemudikan mobil (mewah). Tidak lupa, supaya tetap hidup sederhana, dari banyak pilihan mobil yang harus dibeli, ia menganjurkan pada istrinya untuk membeli mobil (mewah) yang bekas saja, tidak perlu yang baru.

Pada saat yang sama, akhwat-akhwat (cantik) lain yang selama ini terobsesi padanya menjadi sedemikian patah hati, sampai ada yang kehilangan semangat hidup hingga koma. Ada pula yang menghiba untuk dijadikan istri kedua saja. Namun, karena nasihat bijak sang tokoh cerita yang demikian bijaksana, pada akhirnya si akhwat mau juga menikah dengan ikhwan ’sholeh’ lain sambil belajar untuk melupakan dirinya, walaupun akhwat ini menulis dalam surat cintanya, ‘cintaku padamu t’lah terlanjur mendarah daging dan menyumsum dalam diriku, kalau engkau tidak mau berpoligami, maka biarkan aku membawa cintaku ke jalan sunyi, jalan yang ditempuh orang sufi, setia pada yang dicintai sampai mati.’

Kemudian, alur cerita tiba-tiba dibuat dramatis dengan diputar balik secara mendadak. Sang tokoh, karena sesuatu dan lain hal, ternyata harus masuk penjara. Istri cantiknya hampir diperkosa. Dalam penjara ia menjadi kurus kering dan kurang makan, mengalami siksaan keji, dan sebagainya. Lalu cerita dibalik lagi sehingga sang tokoh bebas dengan dramatis, sekaligus membuat saya menghela nafas.

Saya kira, jika seandainya kisah jatuh bangun dalam penjara ini digali lebih dalam, mungkin nuansa novel ini berubah. Sayangnya, justru di titik ‘ujian kehidupan’ ini, titik di mana biasanya seseorang mendapatkan hikmah dan rasa butuh akan Allah, titik ketika seseorang menghayati hakikat dirinya sebagai makhluk yang fakir dan butuh kepada Rabb-nya, hanya disajikan sebagai dramatisasi cerita.

Sebenarnya di bab-bab ini saya benar-benar mengharapkan ada sesuatu yang bermakna. Tapi rupanya, dalam kisah selanjutnya, kebebasan sang tokoh dari penjara membuatnya masuk ke sebuah situasi yang sedemikian rupa sehingga si tokoh, mau tidak mau, harus menerima permintaan sang istri cantiknya itu (yang baru saja dinikahinya) untuk menikah lagi dengan wanita yang tak kalah jelita kecantikannya. Menariknya, si istrilah yang dengan menangis harus memaksa suaminya berpoligami, dan si suami terpaksa menerima permintaan istrinya itu dengan menangis juga…

Bab-bab penutupnya? Saya merasa tidak mendapatkannya. Benar, walaupun yang saya sampaikan di atas bukan akhir cerita, tapi kisahnya terasa terpotong begitu saja, tidak ada bab-bab epilog yang mengantar untuk menutup buku dan mengakhiri cerita.

Jadi apa insightnya? Justru itulah yang membuat saya menghela nafas seselesainya membaca. Saya merasa tidak memperoleh insight apa-apa. Apa jiwa saya bangun, sesuai tulisan di sampul bukunya, ’sebuah novel pembangun jiwa’? Rasanya tidak. Jiwa saya seperti jadi hampa tertimbun angan-angan : oh, andai saya seperti itu, andai kehidupan senikmat itu, dan sebagainya. Angan-angan baru itu justru cenderung melenyapkan rasa bersyukur saya dengan kehidupan saya yang, walaupun ’segini-gininya’ ini (beli novel aja mikir dulu, bo), Allah sendirilah yang merancang skenario kehidupan saya, dan kehidupan anda, dengan tangan-Nya sendiri, spesifik untuk kita masing-masing.

Ada yang positif muncul dari dalam diri saya seselesainya membaca : saya semakin rindu kesejatian, dengan makna dan perenungan; dan saya semakin tak suka saja dengan kepalsuan dan atribut tempelan.

: : : : : : : :

Jangan salah. Ini bukan sebuah novel yang buruk. Sama sekali bukan. Malah mungkin cenderung mengasyikkan untuk dibaca. Kalau bagi anda sebuah novel yang mengasyikkan adalah sebuah novel yang bagus, maka mungkin novel ini cukup bagus. Tapi mungkin yang saya cari dalam sebuah buku berbeda dengan apa yang anda cari.

Saya mencari proses. Saya lebih suka sebuah ‘kealiman’ ditampilkan dengan latar belakang perjuangan penempaan diri yang mati-matian, daripada kesana-kemari mengutip ayat dan hadits, seakan menjadi sebuah keharusan bagi seorang tokoh yang alim. Saya mencari hikmah kehidupan dalam agama, bukan menyampaikan atribut agama terlalu sering hingga menjadi kehilangan gaungnya. Lebih baik kisah satu hikmah yang diraih dengan mati-matian, diminum dan ditelan dengan perjuangan, daripada ribuan hikmah yang diumbar berserakan tapi sebatas kutipan. Sejujurnya, saya tadinya mengharapkan lebih dari apa yang oleh sebagian orang disebut sebagai ‘novel Islami Indonesia terbaik saat ini.’ Mungkin harapan saya terlalu tinggi.

Kualitas secara umum? Bagi saya pribadi, just another novel. Doesn’t stand out in crowd. Adakah Tuhan didalamnya? Tidak. Demikian pula tidak ada gambaran seseorang yang berjuang dan jatuh bangun mencari Tuhan dan kesejatian di dalamnya, hanya ada gambaran keseharian seorang ikhwan dan nilai-nilai yang menjadi idealnya. Tapi atribut keagamaan memang berserakan di dalamnya. Novel ini baru melukiskan fenomena kehidupan sang tokoh, tapi belum menyentuh esensi kehidupannya sendiri.

Sebuah novel Islami? Wallahu ‘alam. Jika ‘Islam’ berarti ‘berserah diri (pada Allah)’, tidak ada peristiwa keberserahdirian sang tokoh dalam novel ini. Rasanya ia lebih bersandar pada kemampuan dan keunggulan dirinya (yang memang menonjol, atau ditonjolkan), daripada adanya sebuah kisah yang memberikan nuansa pemahaman akan hakikat keberserahdirian. Tidak ada kerinduan dan kebutuhan seorang hamba pada Rabb-nya dalam novel itu.

Worth to buy? Tergantung apa yang anda cari, kalau uang anda pas-pasan saja seperti saya. Kecuali anda punya uang lebih dan punya waktu membacanya, bolehlah. Tapi menurut saya, buku ini masih ‘absolutely worth to borrow.’ Yang belum baca, baca saja, dan perhatikan ‘rasa bacaan’ yang terbentuk dalam diri anda. Yang udah punya? Pinjemin ke yang mau baca. Atau tunggu filmnya, yang sekarang konon sedang dalam masa produksi. Mutu kertas? Kertas di dalamnya berbahan sama dengan kertas koran, bahkan sedikit lebih tipis. Layout? Belum sampai taraf indah, tapi cukup baik dan nyaman di baca. Sayang kertasnya agak tipis dan tembus, apalagi kalau diberi stabilo. Sampul buku? Cukup, walaupun agak terlalu ramai dengan pemuatan komentar endorsement positif pembaca. Back cover? Isinya enam (!) komentar positif pembaca, tidak ada bagian yang menggambarkan isi sama sekali.

Saya tahu tulisan ini akan membuat panas banyak orang. Tapi saya tentu boleh berpendapat. Apalagi, saya sudah membeli novelnya (yang asli dan bukan bajakan), dengan harga yang lumayan. Dan saya cukup optimis, jika melihat novel ini, bagi seorang Habiburrahman El-Shirazy masalah konten di novel-novel berikutnya hanyalah masalah waktu.

Kenapa novel ini laku keras? Mungkin karena sebagian besar muslim di Indonesia memiliki mimpi yang sama dalam harapan ‘ikhwan/akhwat ideal’, dan melihat ada bagian dari keinginan dirinya yang terwakili oleh novel ini: alim, baik, murid guru-guru agama papan atas, hafal Al-Qur’an, faqih dalam persoalan agama, pintar, disegani dan dituakan, pintar bergaul, lancar tiga bahasa, penuh kata-kata bijak, dirindui banyak lawan jenis, dan super kaya dengan instan. Ideal dalam kacamata ‘agama beratribut duniawi’, tentu saja. Sebuah cara beragama yang sebatas fenomena dan perilaku, belum sampai memicu hadirnya rasa haus akan makna dan esensi. Seperti itukah ‘muslim’ ideal? Bagaimana sebenarnya Allah ‘memandang’ seorang muslim yang ideal?

Kalau anda kebetulan adalah seorang yang suka bermimpi untuk sejenak melupakan persoalan hidup, mungkin novel ini pas buat anda. Tapi kalau anda adalah orang yang suka mencari stimulus perenungan, atau berharap menemukan satu hal bermakna dalam yang bisa menjadi stimulus untuk membuat anda menjadi lebih ingin mengerti Tuhan, mengerti diri, atau mengerti esensi kehidupan lebih dalam lagi –walaupun sejengkal–, agaknya novel ini bukan untuk anda.

Terakhir, pertanyaan ini tak henti-hentinya menggelitik saya: kenapa semua tokoh akhwatnya harus berwajah luar biasa cantiknya?

Senin, Maret 24, 2008

SINETRON KITA, WAJAH KITA

Sinetron Indonesia. Membahas topik yang satu ini layaknya membicarakan tentang cuaca buruk. Kita sering mengeluhkan, mengkhawatirkan dan mengharap-harap keadaan menjadi baik; tapi kita tetap tak bisa merubahnya. Lho, bukankah dagelan politik juga begitu? Benar.

Namun, biarlah soal hiruk-pikuk politik, huru-hara pilkada dan semacamnya diurus oleh pihak yang berkompeten di bidangnya. Percayakan saja kepada KPU, kalau mereka sudah beres urus tender sana-sini. Tinggalkan juga soal hukum. Mari kita serahkan pada kejaksaan agung untuk mengusutnya. Mudah-mudahan mereka ada waktu luang di sela-sela bisnis jual beli permata. Atau -- nah, ini yang paling mantap -- serahkanlah urusan negara kita ini pada kepala negara. Pasti Esbamyud mampu memberesinya apabila album kedua beliau telah selesai dirilis. Fokus kita kini hanya satu: s i n e t r o n.

Seringkali kita terpaksa menggunakan topeng kemunafikan. Di satu sisi kita gemar sekali mempergunjingkan aib-aib orang lain (cerai, zina, pengkhianatan cinta, hamil di luar nikah, kekerasan dalam rumah tangga dlsb.) Kita terima ini semua berkat amaliah dari media massa - wa bil khusus tayangan infotainment. Anehnya, kita seringkali mengucapkan naudzubillah dan wanti-wanti jangan sampai diri dan keluarga kita yang mengalami musibah dan nasib memalukan seperti itu.

Kita juga kadang amat berminat melihat orang lain mengalami kecelakaan, korban penyiksaan brutal, kronologi pembunuhan dan pemerkosaan, orang gantung diri. Dan sekali lagi, sumber informasi yang paling mudah dan murah, kita terima kembali dari tayangan televisi yang berbaju berita kriminal. Tapi sebenarnya kita amat khawatir jikalau tindakan kriminal itu masuk dan terjadi dalam rumah kita. (Waspadalah.. waspadalah..)

Gimana kalau soal hantu, kuntilanak, pocong, genderuwo yang bertebaran di layar perak kita? Lho, itu kan udah dibahas. Sama saja, banyak nonton film begituan juga bukannya kita tambah berani; malah betul-betul menjadi manusia pengecut Indonesia yang seutuhnya.

Bagaimana dengan sinetron kita?
Tampaknya sinetron banyak juga kemiripannya dengan tayangan-tayangan televisi yang tadi disebutkan. Bedanya adalah, jikalau infotainment dan berita kriminal isi pesannya diangkat dari pendekatan news (yang berarti harus aktual, cepat, tajam, dan relatif dapat dipercaya), sedangkan sinetron tidaklah demikian. Ia adalah produk pesan yang sengaja diciptakan, diracik, diberi ramuan-ramuan khusus, kemudian bim-salabim! Siap dihidangkan..

Diciptakan. Ini berarti sinetron adalah suatu hasil kerja kreatif. Mula-mula, muncul ide yang datang dari salah satu penjuru langit. Yuk, bikin sinetron yuk.. Ide ini kemudian diracik. Berhasil atau tidaknya sinetron ini akan tergantung pada banyak hubungan dan kerjasama dengan pihak lain. Ada pak sutradara, penulis skenario, penata busana/rias, media massa, pengiklan, dan jangan lupa juga ada ahli-ahli pembuat rating (primbonnya televisi).

Apa ramuannya? Ibarat tukang baso , jawabannya tentu "ini rahasia dagang". Ia tersembunyi rapat-rapat. Namun, sejatinya ramuan ini adalah tentang pesan-pesan yang ingin disampaikan, nilai-nilai yang ingin ditanamkan dan mental-mental yang ingin dibina. Semuanya itu akan bermuara kepada pemirsa yang dapat menerima tayangan itu dari antena televisinya. Tidak peduli pemirsa itu menonton dari istana negara, menara gading, ataupun dari dalam huma di atas bukit. Tidak masalah apakah penontonnya itu seorang presiden, bergelar profesor doktor atau Ahmad Albar. Demokratis, komunis, massif.

Sayang sekali, para pelaku industri sinetron kita menderita penyakit 'lupa kronis'. Mungkin ini akibat begitu ketat dan stressnya persaingan dunia persinetronan. Semboyan mereka "yang penting dagangan gue laku". Ataukah memang selera bos PH-PH ini dari sononya memang begono-gono? Yang pasti, akibat lupa tempat berdiri, mereka jadi lupa diri. Alasan bahwa sinetron yang demikianlah yang diminati pemirsa adalah isapan jempol belaka. Ngga percaya? Coba aja sinetron yang sekarang ini ada di prime time pindah tayang jadi pukul 03.30 atau jam 13.30 WIB. Apakah tetap diminati orang?

Bagaimanapun hasilnya, hidangan harus tetap tersedia di meja. The show must go on. Akibatnya, dengan alasan 'kejar tayang', hampir seluruh hidangan sinetron kita berselera 'junk food', dan beraroma 'basi' disertai bau busuk yang menyengat.

Coba kita bahas temanya,
Ada seorang ibu kandung yang tega menyengsarakan hidup anaknya tercinta. Anehnya lagi, anak lelakinya yang ganteng (dan jangan lupa: kaya) ini IQ-nya benar-benar di bawah garis kemiskinan. Dikibuli berkali-kali oleh makhluk apapun bisa. Ada kisah lain tentang adik kandung yang benci setengah mati sama kakak kandungnya sendiri. Tema lainnya, perempuan anak miskin (lagi) menjadi pembantu dan tiba-tiba, bak putri salju, mereka disukai pangeran-pangeran tampan dari dalam istana kaca. Kisah lain mengambil tema tentang perjuangan suci seorang perempuan gembel (kata2 ini khas sinetron kita) yang hamil di luar nikah (?). Ada juga ibu-ibu yang lagaknya lebih mirip nenek sihir ketimbang manusia. Cerita wanita miskin, lugu, tapi nasibnya amat sangat beruntung mendapat pemuda kaya, tampan, berani, lembut, setia dan pengertian. Dunia remaja? Full cinta-cintaan, nyosor sana dan sini, bicara kasar dengan orang tua, kurang ajar dengan guru, rebutan pasangan, tampar-tamparan. Coba sekarang kita tengok dunia anak-anak: ada anak kecil yang belajar di kelas sambil menggendong adik bayinya. Lalu ada anak SD yang bicara begitu 'tua', sharing, memberi nasehat kepada bapaknya sendiri. Ada anak ingusan begitu cepat jadi diva cilik, lalu kebanjiran job. Bahkan yang paling aneh, ada 'si Unyil' yang bisa membuat proposal dan berhasil mengajukan penawaran di kantor. Believe it or not.

Settingnya metropolis: rumah gedongan, perkantoran elit, cafe, wajah-wajah indo, bermobil mewah, hasrat untuk kebendaan, harta warisan dll. Kemiskinan ada juga muncul, tapi hanya sekedar tampilan fisik. Tak ada sempat waktu untuk menggali lebih dalam tentang kehidupan orang miskin. Yang penting cukup tergambar bahwa hidup orang miskin itu susah dan jangan pernah sudi untuk jadi orang miskin. Sebuah perspektif kemiskinan ditinjau dari teropong bintang milik orang-orang yang belum pernah kekurangan uang karena kebetulan dirinya keturunan orang kaya.

Jika kita amati lebih teliti lagi, antara sinetron satu dengan lain amat sering terjadi kemiripan tema. Tidak hanya tema, antara episiode-episiode tertentu kadang terjadi kemiripan kisah. Tiba-tiba pemeran utamanya menjadi buta (diduga penulis skenarionya penggemar film2 Rhoma Irama), tiba-tiba pura-pura lumpuh, atau dengan mudahnya hamil di luar nikah. Semuanya satu nada, seragam dan tanpa kompromi. Apa yang terjadi?

Sinetron kita adalah refleksi dari wajah suram kita. Di tengah kepenatan, kesedihan, himpitan kesusahan , hidup tanpa arah dan keputusasaan yang melanda kita dari hari demi hari, waktu demi waktu, detik demi detik; cobalah tengok dan bercermin. Lalu tanyakanlah pada wajah yang ada di hadapan kita: "Inikah wajah kita yang sesungguhnya?"

Senin, Maret 17, 2008

SYAIR-SYAIR CINTA

Meledaknya film Ayat-ayat Cinta (AAC) cukup mencengangkan juga. Sampai saat tulisan ini dibuat, penulis belum sempat menyaksikan film yang diangkat dari novel Habiburahaman El-Shirazi ini. Begitupun demikian, apresiasi masyarakat yang sudah menyaksikan film ini relatif baik. Walaupun, tentu saja, novel dan film tentu dua media yang berbeda.

Bukan niat penulis untuk ikut-ikutan trend, lantas jadi membuat judul Syair-Syair Cinta (SSC). Terus terang, syair-syair ini bukanlah hasil karya pribadi penulis. Bait-bait puitis ini adalah gubahan seorang ulama Islam yang dapat disebut sebagai salah seorang ahli hukum yang paling cemerlang di dalam sejarah kita:
Ibnu Hazm dari Cordova (384 - 456 Hijrah).

Menurut Ibnu Hazm, menyukai sesuatu yang indah dan berseminya rasa cinta bukanlah sebuah dosa; bukan pula watak yang terhina. Jiwa dan hati kita sesungguhnya selalu berada dalam genggaman Zat Yang Maha Menggenggam.
Allah tidak pernah memerintahkan hati kita, selain untuk menimbang mana yang benar dan yang salah, kemudian meyakini dan menempuh jalan yang benar sepenuh hati. Sebagai muslim kita hanya berkewajiban untuk menjaga diri dari sesuatu yang telah diharamkan oleh Allah SWT ketika godaan itu datang menghampiri. Sementara itu, cinta adalah watak alami.

Karya Ibnu Hazm di bawah ini cukilan dari kitabnya yang termasyhur:
Kalung Burung Dara. Judul-judul dalam syair-syairnya adalah buatan penulis belaka. Mudah-mudahan hal ini tidak sampai mengurangi keindahan karyanya secara keseluruhan. Selamat menikmati!





ASMARALOKA

Kunikmati semua pembicaran tentang dirinya

Tercium laksana wangi kesturi yang mempesona
Ketika ia bicara tentang sesuatu, apapun itu
Aku bilang, tak pernah kudengar selain darimu

Meski seandainya aku sedang bersama sang khalifah
Sungguh ia takkan mampu palingkan aku dari kekasihku
Jika aku harus beranjak pergi darinya,
maka aku selalu menoleh ke arahnya,
dan berjalan tanpa arah yang yang pasti
Pandanganku masih padanya ketika tubuh menjauh darinya
bak orang yang berjuang melawan arus yang menenggelamkan

Jika kau tantang aku: mungkinkah kau tembus angkasa?
Ya! Jawabku, dan aku tahu tangga menuju ke sana




MATA

Tak ada persinggahan bagi mataku selain keindahanmu
Engkau seperti ungkapan orang tentang indahnya permata
Aku arahkan bola mataku mengikuti arah pandanganmu
Aku selalu mengikutimu, bagaikan manis mendekati gula




BAHASA TUBUH

Saat beranjak darimu, aku berjalan

seperti prajurit yang kalah perang
yang digiring menuju kehancuran

Kedatanganku padamu, bagaikan
rembulan mencumbui matahari

Dan saat aku harus pergi darimu,
layaknya bintang tinggi di angkasa
tetap diam, enggan melangkah




AIR MATA

Ketika nestapa kesedihan memenjara hati
api membakar hati, air mata mengalir di pipi

Saat lara melanda hati dan menyiksa jiwa
mungkin kau sembunyikan perasaan
tapi air mata mengalir tak tertahankan
derasnya air matamu mengalir menandakan
beratnya kesedihan yang kini kau rasakan

Putus asa membuncah
dan air mata pun tumpah




SURAT CINTA

Hari ini terasa berat, kusobek surat darimu
Tetapi, itu tak berarti robek pula cinta kita
Satu yang kuinginkan, cinta ini tetap abadi
Yang utama adalah cinta, bukan goresan tinta
Betapa banyak tulisan yang melupakan Tuhan

Betapa sering kita lupa dan melalaikan titah-Nya
Karena jari kita terlalu sering goreskan kata cinta




BUKANLAH DOSA

Mereka yang tak mengenal cinta mencelamu
Sungguh, cintamu padanya adalah kewajaran

Mereka bilang, cinta telah membuatmu hina
Padahal kau orang yang paling hapal agama

Kukatakan pada mereka, mengapa mencela
Karena ia mencintai dan dicintai kekasih

Jangan berlagak suci, menyebut cinta sebagai dosa
Bahkan Muhammad pun tak akan mencela pecinta
Dia tak pernah menghina umatnya yang jatuh cinta

Kamis, Februari 28, 2008

MARILAH SHALAT

... dan kebahagiaanku adalah shalat. (Al-Hadits)


Shalat. Lima kali dalam sehari semalam. Jika kita berani jujur dan pandai berhitung, maka 24 jam dari seluruh kegiatan hidup kita sehari-hari, waktu yang dibutuhkan untuk ibadah ini hanyalah sedikit. Ibadah ini tak perlu begitu banyak menyita waktu. Selain itu, tidaklah terlalu sulit untuk menemukan ruangan yang pas untuk menjalankannya.

Ironisnya, kebanyakan dari kita tetap konsisten untuk mengabaikannya. Walaupun pada akhirnya -- alhamdulillah -- kita mau menjalankannya, lebih sering kita melakukan ibadah ritual ini dengan penuh rasa keterpaksaan. Mirip tawanan perang usai kalah dalam sebuah pertempuran. Jiwa dan raga kita tak menyatu. Hanya tinggal badan saja, sementara nyawa kita melayang-layang entah kemana. Sedikit saja diantara kita yang menyambut panggilan adzan dengan senyum kemenangan dan diliputi perasaan bahagia yang tiada terkira.

Banyak dari kita yang meninggalkan shalat. Tapi, penulis yakin, walaupun kita sering tinggalkan ibadah ini, tidaklah terbersit dalam dalam benak kita untuk terang-terangan menentang perintah Allah SWT, tak mau mengikuti teladan suci Nabi Muhammad SAW, apalagi keinginan untuk membenci ajaran agama kita sendiri (naudzu bilah min dzalik). Umat Islam tetaplah menempatkan ibadah shalat pada posisi yang tinggi, sebagai cermin kesucian diri dan bukti dari kemantapan iman seseorang. Jadi, alasan utama dari umat kita yang meninggalkan shalat hanyalah semata-mata karena kemalasan.

Adalah amat sulit, dan hampir-hampir tidak mungkin, kita mampu mengungkapkan dengan bahasa amat berjiwa sekalipun, bahwa shalat itu amat bermanfaat bagi orang yang melakukannya secara tertib dan teratur.

Kepercayaan kita akan Kasih Sayang Allah SWT tidaklah akan cukup berpengaruh pada tindak dan laku kita, apabila kita tidak meyakini dari bahwa Allah SWT adalah Maha Mengetahui segala sesuatu, seluruh perbuatan kita sampai yang sekecil-kecilnya, bahkan yang terdetik dalam hati. Keyakinan akan Kemahasucian Allah tidak akan mengakar dalam jiwa, kecuali jika kita juga meyakini bahwa Allah sangat membenci segala dosa, perbuatan keji, maksiat dan munkar; dan hanyalah dengan kesucian hati dan kebaikan amal kita mampu menghampiri Allah.

Adalah hanya apabila kita dapat mencurahkan rasa hati kepada Pencipta kita, mengungkapkan pujian yang memuncak tinggi dan kerinduan yang membakar jiwa, maka kasih sayang Allah yang tak pernah kering-keringnya itu baru akan berpengaruh pada tindak dan laku kita.

Shalat bukanlah ibadah ritual yang bertujuan untuk meredakan amarah dewa-dewa yang sedang mangamuk. Bukan juga perintah dari para thagut yang gila hormat. Ia juga bukan pula ingin menjadikan kita bagai seorang pertapa yang melarikan diri dari kebisingan dunia. Shalat bertujuan semata-mata hanyalah untuk kebaikan bagi orang yang mendirikannya sendiri.


Marilah Shalat, Marilah mencapai Kebahagiaan
(Haya Alas Shalah, Haya Alal Falah)


Wallahu a'lam bishawab
(sebagian dikutip dari buku Marilah Shalat karya M. Natsir)